unsur utama air laut


AIR LAUT


Air laut adalah air murni yang di dalamnya terlarut berbagai zat padat dan gas. Satu contoh air laut seberat 1000 g akan berisi kurang lebih 35 g senyawa-seyawa terlarut yang secara kolektif di sebut garam. Dengan kata lain, 96.5 % air laut berupa air murni dan 3.5 % zat terlarut. Banyaknya zat terlarut di sebut salinitas. Ilmuwan dalam bidang biologi laut dan oseanografi, pada umumnya lebih suka menyatakan salinitas dengan satuan satu per seribu (‰). Oleh karena itu, suatu sampel air laut yang khas seberat 1000 g yang mengandung 35 g senyawa-senyawa terlarut mempunyai salinitas 35 ‰.

Zat terlarut meliputi garam-garam anorganik, senyawa-senyawa organik yang berasal dari organisme hidup, dan gas-gas terlarut. Fraksi terbesar dari bahan terlarut terdiri dari garam-garam anorganik yang berwujud ion-ion. Enam ion anorganik membentuk 99.28 % berat dari bahan anorganik padat. Ion-ion ini adalah klor, natrium, belerang (sebagai sulfat), magnesium, kalsium, dan kalium. Lima ion berikutnya menambah 0.71 % berat, hingga 11 ion bersama-sama membentuk 99,99 % berat zat terlarut.

Salinitas pada berbagai tempat di lautan terbuka yang jauh dari daerah panai variasinya sempit saja, biasanya antara 34 – 37 ‰, dengan rata-rata 35 ‰. Perbedaan salinitas terjadi karena perbedaan dalam penguapan dan presipitasi.

Salinitas lautan di daerah tropik lebih tinggi karena evaporasi lebih tinggi, sedangkan pada lautan di daerah beriklim sedang salinitasnya rendah karena evaporasi lebih rendah. Di daerah pantai dan laut yang tertutup sebagian, salinitas lebih bervariasi dan mungkin mendekati 0 di mana sungai-sungai besar mengalirkan air tawar, sedangkan di laut merah dan teluk persia salinitasnya hampir 40 ‰.

Tabel. Unsur Utama dan Unsur Jarang dari Air Laut 34.8 %.

Ion

Persen berat

  1. Utama
 

Klor (Cl¯)

55.04

Natrium (Na+)

30.61

Sulfat (SO42-)

7.68

Magnesium (Mg2+)

3.69

Kalsium (Ca2+)

1.16

Kalium (K+)

1.10

Subtotal

99.28

   
  1. Jarang
 

Bikarbonat (HCO)

0.41

Bromida (Br¯)

0.19

Asam Borat (H3BO3)

0.07

Stronsium (Sr2+)

0.04

Subtotal

0.71

Total

99.99

 

Oleh : James W. Nybakken. 1992. BIOLOGI LAUT, Suatu pendekatan ekologis. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Posted on April 30, 2014, in KATALOG MAZARA. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: