pengaruh padat penebaran terhadap pertumbuhan juvenil ikan bandeng


Pengaruh Padat Penebaran Terhadap Pertumbuhan Juvenil Ikan Bandeng (Chanos Chanos) Di Tambak Desa Porniti Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat

Oleh :

Baswan Banjar*

*Mahasiswa Program Study Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Universitas Khairun Ternate

Abstrak

Ikan bandeng (Chanos chanos) merupakan salah satu jenis ikan yang bernilai ekonomis penting, karena kandungan dagingnya sangat lezat. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan budidaya, yang dapat di budidayakan di perairan payau terutama di daerah tambak. Beberapa faktor yang memepengaruhi ikan yang di budidayakan yaitu makanan, kualitas air, dan padat penebaran. Padat penebaran akan berhubungan dengan ruang gerak dalam suatu wadah di mana ikan tersebut di budayakan.

Padat penebaran merupakan salah satu faktor penting yang mendukung pertumbuhan ikan. Oleh karena itu, untuk mencapai pertumbuhan yang optimal maka padat penebaran perlu di perhatikan. Semakin tinggi padat penebaran akan menyebabkan pertumbuhan ikan mejadi rendah sebaliknya semakin rendah padat penebaran menyebabkan pertumbuhan ikan semakin tinggi (Bitter, 1989). Dalam wadah terkontrol berupa jaring hapa ukuran 1 x 1 m, juvenil bandeng dapat di budidayakan dengan padat penebaran yang berkisar antara 5 – 60 ekor.

Tujuan dari penelitian ini adalah :

  1. Untuk mengetahui pengaruh padat penebaran terhadap pertumbuhan juvenil ikan bandeng.
  2. Untuk menentukan padat penebaran yang memberikan pengaruh terbaik terhadap pertumbuhan juvenil ikan bandeng.

Dalam penelitian ini di cobakan 4 perlakuan padat penebaran dengan ulangan sebanyak 3 kali. Perlakuan yang di cobakan yaitu :

Perlakuan A: Padat penebaran 5 ekor.

Perlakuan B: Padat penebaran 10 ekor.

Perlakuan C: Padat penebaran 15 ekor.

Perlakuan D: Padat penebaran 20 ekor.

Hasil penelitian menunjukan bahwa padat penebaran memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata terhadap pertumbuhan berat mutlak dan kelangsungan hidup juvenil ikan bandeng, di mana padat penebaran yang memberikan hasil terbaik terhadap pertumbuhan berat mutlak dan kelangsungan hidup juvenil ikan bandeng adalah padat penebaran 5 ekor di banding dengan padat penebaran 10, 15 dan 20 ekor.

Tinggalkan komentar